SEMUA TENTANG MADU( PENGERTIAN, KANDUNGAN, MANFAAT)


Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.
Madu adalah cairan manis yang berasal dari nektar tumbuhan yang diproses oleh lebah pekerja menjadi madu dan disimpan dalam sel-sel sarang lebah sebagai sumber karbohidrat. Di Indonesia, jenis lebah yang paling banyak menghasilkan madu adalah lebah lokal (Apis cerana), lebah liar (Apis dorsata) dan lebah Eropa (Apis mellifera).
Rasa madu ditentukan oleh jenis bunga yang diisap dari tumbuhan sebagai pakan lebah, misalnya: madu randu, madu rambutan, madu kelengkeng, madu kaliandra, madu mangga, madu bunga liar, madu hutan, madu multiflora dll.

Kandungan madu:  Komponen penyusun madu adalah air, gula (fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa), mineral (Ca, Na, P, Fe, Mg, Mn), Vitamin (B1, B2, B5, B6, C, K) niasin, asam pantotenat, boitin, asam folat dan Enzim. Madu yang baik adalah madu yang meneuhi syarat mutu melalui uji laboratorium, yaitu: kadar air maksimal 22%, gula pereduksi minimal 60%, sukrosa maksimal 10%, keasaman maksimal 40mL NaOH/kh, aktivitas enzim diastase minimal 3 DN.
Komposisi kimia madu per 100 gram :

Kelebihan Gula alami yang terdapat di dalam madu (disebut GULA  INVERT)
1.          Memiliki susunan kimia yang sangat sederhana
2.          Segera berasimilasi dengan darah
3.          Segera menghasilkan energi tanpa melalui proses pencernaan.
4.         Selain itu, madu juga mengandung senyawa aktif yang disebut ENZIM DIASTASE , sangat bermanfaat untuk :
5.          Mencegah dan; menetralisir bakteri merugikan yang terdapat di dalam tubuh manusia, menjadikan tubuh kebal dari berbagai penyakit.
6.         Mencegah dan menetralisir bakteri merugikan yang masuk kedalam madu serta memperkaya kandungan madu, menjadikan madu semakin lama disimpan kwalitasnya semakin baik, tidak ada batas kadaluwarsa. Namun beberapa regulasi tetap mengharuskan pencantuman batas kadaluwarsa.
Manfaat untuk Kesehatan
1. Sebagai Pembunuh Kuman
Madu memiliki kandungan yang sangat lengkap, salah satunya asam amino bebas yang mampu membantu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit. Dengan antibiotik madu mampu mengalahkan bakteri patogen penyebab penyakit infeksi.

2. Sebagai Antibiotik

Madu bekerja sebagai antibiotin alami dan sanggup bekerja mengalahkan bakteri-bakteri mematikan. Karena sifatnya yang asam, madu tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Dengan menghasilkan hidrogen peroksida, madu merupakan antiseptik alami yang luar biasa. Kekentalan madu yang sedikit mengandung air ini, menghasilkan proses osmosis dengan menyerap air dari bakteri yang menyerang tubuh, seperti halnya spon yang mudah menyerap air. Kemudian madu mengeringkan bakteri yang sudah diserap airnya. Akhirnya bakteri sulit tumbuh dan mati.

3. Sebagai Obat Luar
Karena antiseptik yang dikandung madu, kita bisa menggunakan madu sebagai obat luar. Bahkan di Australia telah dikembangkan sebuah saleb yang terbuat dari madu. Saleb ini untuk mengobati luka luar. Bagi perempuan terutama remaja yang risih dengan jerawat yang nongol di wajah. Anda bisa menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat. Cukup dengan mengoleskan madu pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit lalu bilas. 

4. Sebagai Antioksidan Alami
Kandungan flavonoid dalam madu, sangat bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk membantu mengurangi resiko berbagai jenis penyakit, seperti kanker dan jantung. Infeksi dan luka kecil juga cepat sembuh jika kita mengkonsumsi madu rutin. Untuk yang terkena infeksi di kulit dan bintik-bintik merah juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi madu.
5. Merangsang pertumbuhan jaringan
Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.
6. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah
Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.

7. Meringankan penyakit pernafasan

Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernapasan.

Manfaat Untuk Kecantikan
1. Memutihkan Wajah Manfaat madu berikutnya adalah memutihkan wajah. Dengan mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit luar. Bahan yang dibutuhkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan almond, 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok teh air lemon. Campurkan semua bahan tersebut, pijat dengan lembut pada wajah selama 5 – 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

2. Melembabkan Kulit Madu dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah yang kering, sehingga menjadi kenyal, bersih dan segar. Caranya dengan mengoleskan madu ke seluruh bagian wajah, kemudian tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Setelah itu basuhlah dengan menggunakan air hangat.

3. Membersihkan Wajah Madu dapat digunakan untuk membersihkan make up dan kotoran pada kulit wajah, dan madu merupakan bahan alami yang aman bagi kulit wajah sebagai pembersih wajah. Dengan cara mencampurkan 1 sendok madu dengan sedikit susu bubuk pada telapak tangan. Setelah itu oleskan pada wajah seperti membersihkan make up dan kotoran pada wajah. Kemudian bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

4. Mencegah Penuaan Dini Manfaat madu dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah dan dapat membuat kulit menjadi segar dan halus. Cara yang digunakan juga sangat mudah, hanya dengan mengambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis, dan 3 cangkir air. Setelah itu rebus semua bahan tersebut seperti membuat teh. Minumlah 3 x sehari secara rutin.

5. Mengobati Bibir Kering Dan Hitam Madu dapat mengatasi masalah bibir kering dan hitam agar menjadi merah merona. Caranya tuangkan madu ke dalam 1 sendok makan, panaskan madu sampai sedikit encer dan mengeluarkan busa. Oleskan madu selagi hangat ke bibir anda. Lakukan secara rutin setiap malam hari sebelum tidur. Setelah 7 hari, anda akan mendapatkan bibir lebih segar dan merah merona. 

10 Kegunaan madu yang jarang diketahui

Mencerahkan rambut
Ambil satu sendok teh madu dan campur ke dalam satu liter air hangat. Siram pada rambut yang telah dicuci dengan sampo. Tidak perlu dibilas untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau.
Pencuci muka
Ada cara yang lebih alami daripada sabun untuk membersihkan muka, yaitu dengan menggunakan madu. Gunakan madu sebagai pencuci muka dan bilas hingga bersih.
Melawan parasit
Minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah perut ketika bepergian. Sebab ketiga campuran bahan tersebut merupakan pelawan parasit.
Menyingkirkan jerawat
Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Ulangi langkah yang sama untuk menyingkirkan jerawat secara alami.
Mandi Jika biasanya ada garam mandi dan minyak yang digunakan untuk mandi berendam, ganti bahan tersebut dengan madu dan minyak zaitun. Fungsinya adalah menghaluskan dan membuat aroma kulit semakin segar.
Meredakan cemas
Entah dicampur di dalam teh atau diminum secara langsung, madu cukup dikenal ampuh meredakan rasa cemas. Madu juga bisa dikonsumsi setelah dicampur bersama jahe dan air lemon.
Lip balm
Punya bibir kering? Coba campur madu, minyak zaitun, dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh mengatasi bibir kering.
Melawan insomnia
Sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Namun insomnia ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Sebab madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.
Mengobati radang tenggorokan
Dalam berbagai penelitian klinis, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu pun bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan Janin

  1. Menambahkan tenaga untuk ketahanan diri semasa mengandung dan semasa menghadapi saat kelahiran cahaya mata.
  2. Mencegah dari berbagai penyakit seperti kencing manis, darah tinggi, kencing kotor, batuk selsema, lelah dan lain-lain.
  3. Mengurangi rasa mual pada masa kehamilan
  4. Menambah nafsu makan bagi ibu hamil
  5. Mencegah dari pelbagai penyakit kerana kandungan antibiotik dalam madu dapat membunuh kuman-kuman cahaya mata.
  6. Kandungan zat galian dalam madu boleh membantu membina dan menguatkan janin.
  7. Kulit yang bersih dan sihat dengan terdapatnya vitamin C yang penuh kuasa dalam madu asli.
  8. Membantu secara khusus pertumbuhan fizikal dan mental janin.
  9. Penyakit Hepatitis B yang biasa menyerang bayi dapat dihindar dengan amalan madu oleh para ibu yang mengandung.
  10. Meneruskan pemberian madu asli pada bayi yang baru lahir dapat mengeluarkan secara positif lendir yang mungkin terminum semasa bayi itu dilahirkan yang merupakan puncak lelah jika tidak habis dikeluarkan.
  11. Membersihkan perut bayi dari najis gagak yang menyelaputi dinding perut. Proses penghadaman dapat berjalan dengan sempurna menghindar dari sakit perut.
  12. Bayi membesar dengan sempurna dan sihat.
  13. Mengelak dari kembung perut bayi.
  14. Amalkan madu bersama jamu dan telur untuk membina darah serta mempercepatkan proses penyembuhan luka dalam perut atau rahim.
  15. Membantu proses penghadaman dan lawas buang air.

SUMBER :


SHARE
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:


  1. Sangat Bermanfaat untuk bisnis saya gan ,,, trimakasih ,,, MADU Harga Grosir saya, jadi ada pengetahuan tambahan lagi ... ini web saya Bisnis MADU DENGAN HARGA GROSIRAN http://www.grosirmadualqubro.com 

    BalasHapus