ABSTRAK DAN PENDAHULUAN (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA SMA NEGERI 1 TELLUSIATTINGE)


Kelompok VI.November.2012.

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kecerdasan intelektual dan emosional siswa SMA Neg 1 Tellusiattinge. Manfaatnya yaitu untuk menyampaikan agar siswa SMAN 1 Tellu Siattinge memahami pentingnya kecedasan emosional dan intelektual . Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Survei dan wawancara.).Kecerdasan emosi adalah kemampuan diri untuk mendeteksi emosi diri sendiri dan orang lain. Emosi mempunyai peranan penting dalam keberhasilan hidup manusia.Manusia perlu mengelola emosinya yang berupa perasaan takut, malas, tidak percaya diri, dan merubahnya menjadi berani, rajin dan percaya diri dalam menghadapi hidup ini. Seseorang harus mampu mengembangkan kecerdasan emosi dalam berbangsa dan berngara berempati, jujur, tegas, dan lainnya. Semua itu berhubungan dengan kemampuan mengenali dan mengelola emosi.
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kecerdasan merupakan salah satu anugerah Allah SWT kepada manusia dan menjadikannya sebagai salah satu kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya.Dengan kecerdasannya, manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks, melalui proses berpikir dan belajar secara terus menerus.  Indonesia sebagai negara yang berkembang terus berupaya meningkatkan kercerdasan bangsanya sesuai yang terkandung dalam UUD 1945 pada alinea ke IV.  Berbagai cara yang ditempuh oleh sekolah – sekolah untuk meningkatkan kecerdasan siswanya agar mampu bersaing  ditingkat nasional maupun internasional.  Salah satu upaya perintah untuk meningkatkan kecerdasan siswa di Indonesia yaitu dengan memberikan predikat kepada sekolah – sekolah yang memiliki prestasi baik tingkat nasional maupun internasional. Termasuk sekolah kami SMAN 1 Tellu Siattinge  yang sudah menyandang predikat RSBI( Rintisan Sekolah Bertaraf internasional). Sebagai sekolah yang sudah mendapat predikat RSBI tentunya  para guru  menginginkan seluruh siswa yang mereka  didik   menjadi generasi yang kompeten baik dari segi kecerdasan intelektual (Intelligent Quotient), kecerdasan emosional (Emotional Quotient) maupun kecerdasan spiritual (Spritual Quotient). Namun, ironinya sistem pendidikan di negara kita hanya menekakan pentingnnya nilai akedemik saja.Itu dilihat adanya  dari prestasi akedemik SMAN 1 Tellu Siattingge sudah mampu bersaing tingkat kabupaten sampai ditingkat provinsi. Akan tetapi, itu hanya dilihat  dari segi kecerdasan intelektual saja belum tentu siswa yang berprestasi ini emosionalnya bagus atau spiritualnya bagus,padahal yang kita inginkan adalah keseimbangan. Untuk itu, sesuai latar belakang di atas secara khusus akan dikaji  pengaruh kecerdasan emosional (Emotional Quotient) terhadap kecerdasan Intelektual(Intelligent Quotient) SMAN 1 Tellu Siattinge. Semata – mata untuk memberikan gambaran kepada siswa maupun masyarakat umum mengenai tiga jenis kecerdasan, dan bagaimana menyeimbangkan kecerdasan emosional terhadap intelektual SMAN 1 Tellu Siattinge secara terkhusus.

B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecerdasan intelektual SMAN 1 Tellu Siattinge?
2.      Bagaimana cara menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan emosional SMAN 1 Tellu Siattinge?

C.    Tujuan

1.      Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecerdasan intelektual SMAN 1 Tellu Siattinge.
2.      Untuk mengetahui cara menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan emosional SMAN 1 Tellu Siattinge.










SHARE
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar